Minggu, 05 Juni 2011

Sekolah di Indonesia

Aku sering banget mikirin soal sekolah di Indonesia. Soal bangunannya, arsitekturnya, kurikulumnya,seragamnya, peraturannya, gurunya juga pendidikan gurunya! Aku tuh cuma school girl biasa. Yang biasanya pingin banget bisa belajar di sekolah yang super kece. Sekolah yang bisa bikin bakat yang kita miliki bisa all out di masa depan, dan bermanfaat. Jadi aku suka mikirin hal ini itu yang seandainya ada di sekolah, pasti keren.

Aku juga sering mikirin kenapa siswa-siswi sekolah di Indonesia hobi banget nyontek. Dari SD sampai SMP aku sekolah di sekolah swasta islam yang...lumayan bonafid. Dan disana totally dicipline. No cheating kalo ga mau baca surat penyataan di depan seluruh isi sekolah. Setiap siswa-siswi selalu ditekankan bahwa menyontek itu perbuatan nggak baik. Perbuatan curang dan pengecut. Dan orang curang tidak masuk golongan Rasulullah! (wuiihhh ngeriii...)Setiap pagi hari sebelum ujian, (ujian apapun UTS, UAS...)Pak kepsek selalu taushiah di depan aula. Bahwa jangan sampai nyontek, dan...menyonteki. Yang nyontek dan nyonteki hukumannya sama. Bahwa nilai 20 hasil pekerjaan sendiri itu lebih baik daripada nilai 80 tapi nyontek. Beliau juga selalu bilang bahwa siswa-siswi harus selalu belajar dan jujur dalam segala hal. Ingat orang tua di rumah yang sudah membiayai dan berharap besar pada kita. Hiks...hiks...jadi kangen sosok guru seperti beliau :( Dan semua siswa juga saling menahan diri dan mengingatkan satu sama lain agar tidak menyontek. Good guys...

Atmosfer di sekolah itu juga atmosfer pendidikan. Dimana-dimana selalu ada slogan tentang ilmu. Dimana-mana ada siswa-siswi belajar. Di kantin, teras sekolah, taman. bawah pohon bahkan perjalanan ke sekolah kita baca buku. That was really great place to study. Ilmu dan cinta bertebaran dimana-mana. Tidak ada gembar-gembor kecuali dalam rangka pendidikan.

Para guru juga mengajar dengan ikhlas karena Allah. Ikhlas agar terjadi regenerasi orang-orang sholeh yang ilmuan di muka bumi ini. Tidak pembicaraan tentang jam kosong. Guru selalu masuk tepat waktu. Tidak ada obrolan soal rekreasi kemana ketika menjelang kenaikan kelas, karena semua siswa merasa tegang akan kenaikan kelas dan prestasi. Dan yang paling penting tidak ada guru yang kepikiran soal gaji ketika diminta mengajar dengan ikhlas. That was the sweetest profession in this case.

So i felt a shock ketika aku melanjutkan SMA di sekolah umum. Siswa siswi tidak sungkan mencontek, para guru ogah-ogahan mengajar. Yang belakangan aku sadari tugas yang dikumpulkan para murid tidak dikoreksi, just sign and marked!! Wow amazing teacher!! Is it real world? Paling parah waktu ujian berlangsung siswa siswi dengan gamblang mencontek dan guru sama sekali apatis! Tidak peduli asalkan tidak rame. What a pathetic Indonesian education!!

Waktu aku tanya ama ibuku di rumah, ibuku bilang begitulah sekolah umum. Harusnya aku nerusin SMA di sekolah yang dulu aja. Hmmm...hatiku mencelos. Menyesal juga sih pindah. Tapi aku menguatkan diriku dan yakin ini sekedar pengalaman. Suatu hari nanti aku bakal perbaiki sistem pendidikan di Indonesia!


List Sekolah kece menurut aku:
SD>>>
1. SDIT Nur Hidayah Surakarta

2. SDIT Nurul Fikri

3. SDIT Insan Kamil Sidoarjo

4. SDIT Cordova

5. SDIT Granada
http://sditgranada.blogspot.com/
6. SDIT Al Hikmah

7. SDIT Insan Mandiri

8. SDIT Madani

9. SDIT Ibnu Sina

10. SDIT Alam
http://sekolahalamjogja.wordpress.com/
SMA>>>
1. SMPIT Darul Fikri

2. Nur Hidayah Solo

3. SMPIT Abu Bakar

Aku sering mikir lama tentang sekolahan di Indonesia. Betapa bobrok dan piciknya mereka yg ada dibaliknya. Kadang suka stres sendiri. Gimana sih ngerubah sekolah di Indonesia biar jadi tempat yg mendidik, bukan cuma kerja sambilan pemerintah. Kurikulum udah ribuan kali diubah, gaji guru dinaikin, udah menjamur juga pelatihan kependidikan. So what's wrong with these??? Apa harus aku yang turun tangan?!

4 komentar:

  1. Iya ya, ternyata sekolah itu bobrok. Mengenaskan memang.

    BalasHapus
  2. iyeee...bobrok binasa. aku berharap bisa bangun sekolah Indonesia kedepan. InsyaAllah!!

    BalasHapus
  3. Sekolah Is Bullshit
    http://www.vatih.com/sekolah-is-bullshit/

    BalasHapus
  4. ude gue baca, gue sepikr tapi kg seekstrim ituh. imma slow down... :D

    BalasHapus

Silakan kalian mo komentar apa aja boleh! silahkan suka-suka aja, tapi ntar kalo aku gigit....ga tanggung sama sekali!!!!