Jumat, 10 Maret 2017

Busuk

Bagaimana rasanya kerepotan mengurus dirimu sendiri?

Rasanya bernapaspun terasa melelahkan. Aku selalu ekstrovert dan impulsif sejak kecil. Jadi aku biasa mengutarakan apa yang aku pikirkan, sama teman, orang tua, guru. Sampai saat dewasa ini aku kesulitan mengontrol diri sendiri. Karena tidak sesimpel itu mengutarakan pikiran kepada sesama dewasa.

Rasanya gelisah saat ada teman yang pake baju tidak sesuai, lipatan miring atau tidak pantas. Aku mendukung kebebasan berekspresi, hanya saja kewalahan atas diriku sendiri.

Aku juga sensitif dengan bau. Aku bisa mengenali bau dengan cepat. Mengenali basi, bumbu masakan, udara, tanah, air, dan bau manusia. Aku bisa mengenali bau busuk deodorant bercampur keringat. Atau bau busuk menusuk tanpa deodorant.

Beberapa orang percaya, bau deodorant bercampur keringat beraroma tidak enak. Tapi sesungguhnya bau busuk tanpa filter deodorant lebih menyengat dan mematikan. Beberapa memilih tidak pakai karena tidak nyaman. Apalah artinya hidup nyaman, jika orang di sekitarmu mati kehabisan udara segar.

Dan hatiku kebingungan. Instingku mengatakan aku harus mengatakan terus terang. Tapi rasa kemanusiaanku mengatakan bahwa setiap orang berhak memilih cara hidupnya. Mau itu bau atau tidak itu haknya. Tapi kadang sebagai teman, aku rasa dia berhak tahu. Bahwa dia bau. Bahwa baunya tak tertahankan.

Dia cantik, rapi, percaya diri, dia hanya tidak tahu kalau dia bau.
Beberapa bahkan sudah menikah. Dan baunya tidak diupgrade, sebusuk sebelumnya. Aku terkejut, mungkin ini preferensi suaminya.

Aku menyayangi mereka, hanya saja aku tidak tahan tidur di sebelahnya, duduk di belakangnya, memeluknya.

Aku bingung dan tercekik oleh insting keviasaanku sendiri. Aku tidak tahu harus berbuat apa. Aku tidak mau menyakiti semua orang, tapi aku juga butuh udara segar ....

N.b : kalo kalian baca ini, bantu aku. Kasih tahu apa yang harus aku lakukan buat mereka.

2 komentar:

  1. Tikaaaaaa...

    Jangan bilang bau 😹
    Tapi..Apa ya..Kalo lagi nginep suru mandi aja 😹

    BalasHapus
  2. aku baru beli deodoran ini, wanginya enak lo, mau coba? (permulaan)

    BalasHapus

Silakan kalian mo komentar apa aja boleh! silahkan suka-suka aja, tapi ntar kalo aku gigit....ga tanggung sama sekali!!!!