Selasa, 22 Oktober 2013

Happy Eid Adha

Assalamualaikum...



Selamat idul Adha 1434 h semuaaa...
Maaf ya terlambat. Aku berani ngucapin this late karena aku tahu daging-daging merah di freezer kalian pasti belum habis. Yep, lots of meat everywhere in my refrigerator! Alhamdulillah kami dapat daging kambing dan daging sapi yang lumayan tahun ini. Segalanya benar-benar penuh rezeki dan penuh syukur.

Ketika daging-daging berdarah itu mulai mengotori teras rumahku, ibuku membaginya dalam plastik ukuran satu kiloan. Semua ditata rapi dalam freezer dan semua beres. Berikutnya kita tinggal mengambil tiap plastik tiap mau masak. Sangat mudah. Oyah... dagingnya belum dicuci ketika dimasukkan dalam plastik. Itu akan membuatnya tidak berbau.

Hari pertama Idul Adha ibuku membuat sup tolang super sedap yang pernah ada. Semua tulang-tulang raksasa itu dimasukkan dalam panci dan direbus, diberi bumbu dan voila! Sup tolang dengan kaldu sapi yang kental siap melumuri bibirku dengan minyak. Hari itu aku yakin lemak di tubuhku menumpuk dengan cepat.

Hari kedua ibuku memasak gulai yang juga kental dan super lezat, hari berikutnya semur daging dan sekarang tauto! Ini adalah masakan kuah daging dengan saus taucho yang super lezat. Masakan ini warisan turun temurun keluarga ibuku. Asalnya dari pekalongan Jawa Tengah, jadi tidak banyak yang tahu di Sidoarjo. Masakan itu baru jadi waktu aku menulis ini. Masih hangat dan asapnya mengepulkan aroma sedap dimana-mana.

Aku selalu penasaran apa yang dimasak ibu-ibu Indonesia di seantero nusantara ini dengan daging qurbannya. Aku akan senang sekali jika ada yang bercerita balik di kolom komentar tentang apa yang anda masak atau ibu kamu masak di rumah.


5 komentar:

  1. Kalo mah, biasaya ibuku pasti bikin Gulai Daging sapi, atikah, enak nyoooh masakan ibu amboh hahahaha =D

    BalasHapus
  2. apaan ini hah? nyebelin aku disini cuman makan sate sapi n rendangnya tante. kirim kesini. aku ga ikhlas jatahku mbok maem. aaaakkkkkahhhhhh. *stress*

    BalasHapus
  3. bwaahahaha... sabar dek. semua ada pembalasannya :p

    BalasHapus
  4. Hey you´ve a great blog!
    Please check out mine.
    And if you want we can follow each other here, on bloglovin and
    via GFC?
    Let me know, now it´s your turn!
    xoxo

    BalasHapus

Silakan kalian mo komentar apa aja boleh! silahkan suka-suka aja, tapi ntar kalo aku gigit....ga tanggung sama sekali!!!!