Selasa, 26 Maret 2013

Puasa Ayyamul Bidh


Assalamualaikum...

Selamat sore hampir buka puasaaaa....
Lho puasa apa?
Puasa ayyamul bidh dong :) Yaitu puasa tiga hari setiap tanggal 13, 14, 15 bulan hijriyah. 
Sunnah ga?
Oh ya jelas sunnah dong.
Ada hadistnya ga?
Ya jelas ada bangeett.
Puasa ini juga puasa yang selalu dilakukan (sunah muakkad) oleh teladan terbaik kita Rasulullah Muhammad Saw, dan beliau juga mewasiatkannya kepada para sahabatnya juga umatnya.

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai)
Abu Hurairah ra. Berkata, “Teman dekatku (Nabi Muhammad saw.) berpesan tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih)
Ibnu Abbas ra. berkata, “Rasulullah saw. tidak pernah berbuka (tidak berpuasa) pada Ayyamul-Bidh, baik di rumah maupun sedang bepergian.” (h.r. Nasa’i. Sanad hadits ini hasan)
  Nah luar biasa banget kan!
Iya nih aku ikut puasa aahh... 

Makanya beli kalender miladiyah plus hijriyah mulai sekarang, biar bisa lingkarin pake spidol tanggal puasa ayyamul bidh. Untuk bulan ini, udah dimulai sejak kemarin. Masih sisa besok hari ke-tiga tanggal 27 Maret 2013-15 Jumadal Ula 1434. Buat kamu yang baca tanggal ini, ntar malem sahur bareng-bareng yuk! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan kalian mo komentar apa aja boleh! silahkan suka-suka aja, tapi ntar kalo aku gigit....ga tanggung sama sekali!!!!