Rabu, 31 Agustus 2011

On My Way Home

Assalamualaikum...
Ini adalah cerita terakhir tentang kunjunganku ke Magetan yang cuma tiga hari. So this is it... Kepulangan kita!
Setelah selesai packing dan preparation, kita semua (Tika, Salma, Fi'ah, Ulfah, syahidah udah dijemput emaknya) pergi ke rumah Umi Retno buat pamitan. Kita kesana sekitar jam 2an, ngobrol sebentar, basa-basi. Ceritanya kita mau cepet-cepet karena belum shalat dzuhur juga! Tapi ternyata katanya Abah Rosyad sedang dalam perjalanan pulang ke Magetan dan kami suruh nunggu biar bisa ketemu beliau. Tapi ternyata Abah Rosyad masih lama dan kita balik ke pondok buat ngambil tas. Karena aku dan Fi'ah mau dianterin ke terminal Maospati sekalian. Yeaayy!! Tumpangan gretong...sapa sih yang gak mau? Pas kita semua balik kesono Abah Rosyad emang udah nyampe tapi beliau terlalu capek dan ga jadi nemuin kita. Ya udah ga papa. Salma dan Ulfah ga diaterin karena mereka naik motor (2 thumb up buat Salma yg bisa hapal jalan). Akhirnya kita dianterin ke Maospati ama Umi Retno setelah sebelumnya di bagi Qur'an, kurma dan gantungan kunci. Cihuuyy...sekali kunjungan dapet tiga!! Sering-sering aja kesini *lemparsendal
Jalanan ke Maospati cukup panjang buat kita ngobrol ama Umi Retno. Tentang Hannah si adek baru (usianya sama ama dek Naja), tentang beliau belajar nyetir mobil, tentang nama ke3 anak terakhir beliau yang namanya cuma satu digit (emang angka!) waahhh...tentang banyak deh. Gimana sih kalo perempuan ngobrol!
Akhirnya nyampe juga terminal Maospati. Ini terminal sepiii...banget. Jadi kalo ada copet juga ga bakal ada yang peduli (paling). Sebelum turun kita dipesenin ama Umi Retno.

Umi Retno: Eh hati-hati yah, tau kan bisnya yang mana? Mira atau Sumber Kencon*

Kita ber2: Iya

Umi Retno: Ini mau ditungguin ato gimana?

Tika : Ga usah ga papa kok. (sambil sumbar dalem hati)

Umi Retno: Ya udah hati-hati Hannah salim ama mbak.

Kita berdua akhirnya salim2an ama Hannah dan Umi Retno dan nungguin bis menuju Surabaya di bangku peron. Pas kita lagi asyik mencari bis yang tepat. Ada bis meluncur masuk ke terminal dan yang bikin sial jurusannya: Surabaya-Lupa-Lupa-Jogja.
Di rumahku dan berbagai tempat yang pernah kutinggali, aku udah diakui dan dikasih lisensi atas kelabilanku yang membawa bencana.
Jadi begitu ngeliat tulisan Surabaya aku langsung ngajak Fi'ah buat naik bis itu. Didalem bisnya penuh. Jadi kita duduk terpisah.
Pas ditanyai ama kondektur, aku langsung sibuk cari uang di tas.

Kondektur: Mbak mau kemana?

Tika : (bingung rogohin tas)

Kondektur: Mbak mau kemana? (dengan suara lebih keras)

Tika : Surabaya (dengan mantep bgt jawabnya.)

Kondektur: Surabaya?

Tika : (mbatin dalem hati...emang kenapa?)

Kondektur: Orang ini mau ke Jogja ko'e.

Tika : (Gubraakk...apa? aku langsung blushing)
Pantesan belok ke kiri...emang mencurigakan nih bis!Aku langsung pasang tampak cool dan 'oh-nyasar-toh-gapapa-kok'.

Kondektur: Mandek...salah bis ki lo! (pukulin bagasi tas dengan bolpoin biar bisnya berhenti)
Sumpah aku malu dan keki banget. Semua orang disitu pada nggumam ngomongin aku. "Oalahh...lha wong iki bis nang Jogja lo, kok ke Surabaya ki piye tho"
"Oalah mbak...kok ga ndelok disik"

Uhh...aku langsung menulikan telingaku dan tetep pasang tampang cuek. Begitu bisnya berhenti aku langsung ngajak Fi'ah turun. "Ayo ndang mudhun, yo opo tho mbak...mbak. Wis gede o' ra ngerti numpak bis" Sumpahh...tengsin banget kita berdua. Kita juga dipesenin, kalo tunggu bis ke Surabaya disebrang jalan.
Kita berdua langsung nyebrang dan memutuskan jalan kaki ke terminal Maospati karena bisnya ga lewat-lewat. Kita berdua saling menguatkan diri, "Terminalnya ga jauh kok, tuh keliatan." Padahal aslinya sih...masih jauh. Si Fi'ah terus ngeluh soal tasnya yang berat banget. Dia malah sempat kepikiran buat buka. Uhh...untung tadi pagi sikat gigi pake pasta gigi mint, jadi mulutku tetep seger meski haus. Kita terus jalan kaya wong mbambung ampe akhirnya ada bis yang benar yang Allah kasih buat kita.
(Ohh..thank Allah, you really save us!)
Karena pengalaman aku nanya dulu apa ini mau ke Surabaya, dan mereka jawab ya. Akhirnya kita berdua duduk lega di bangku kosong yang tersedia. Acnya duingin banget ampe bikin sakit perut .
Itu adalah pengalaman yang bener-bener tolol! Lain kali aku berjanji bakal lebih hati-hati sebelum naik bis. Hampir aja tadi mau plesir ke Jogja. (nyesel juga sih...ga jadi nyasar hehehe) Aku ama Fi'ah ketawa bareng dan bayangin coba tadi beneran nyasar ampe Jogja? Hahaha...lumayan kali ya, ga pernah ke Jogja sih.*mesakne
Hahaha...yang jelas kejadian ini malah bikin aku semangat buat pergi jauh sendiri lagi. Kita ga akan pernah tau gimana rasanya sesuatu sebelum coba.

NB: Makasih buat teman-teman yg udah nemenin ngobrol di FB.

*Jangan pernah ceritain ini ke Umi Retno apapun yang terjadi!! Demi Allah jangan!

3 komentar:

Silakan kalian mo komentar apa aja boleh! silahkan suka-suka aja, tapi ntar kalo aku gigit....ga tanggung sama sekali!!!!